Indikator Radiator Mobil

Indikator Radiator Mobil

Indikator radiator mobil merupakan bagian atau komponen mobil yang mungkin selalu dilihat oleh pemilik atau pengendara mobil meskipun mungkin komponen ini tidak dipahami secara tuntas. Sebenarnya indikator pada mobil ada berbagai amcam jenisnya dan ada pula indikator radiator mobil. 

Radiator sendiri merupakan alat penukar panas yang berguna untuk memindahkan energi panas dari suatu medium hingga ke medium yang lainnya. Jadi bila indikator radiator di mobil menyala maka sebaiknya segera melakukan pengecekan di beberapa bagian mobil. Berikut beberapa ulasan yang perlu menjadi pemahaman untuk Anda sekalian tepatnya mengenai indikator radiator mobil. 

Menyala Saat Suhu Mobil Panas

Lampu indikator radiator mobil umumnya akan menyala saat terjadi suatu kondisi tertentu pada mesin mobil. Biasanya lampu indikator ini menyala jika memang muncul kondisi suhu panas terutama pada mesin mobil. Terlebih lagi jika mesin mobil dipacu dengan kapasitas yang lebih besar. 

Jika memang mesin mobil bekerja melebihi kapasitas maksimumnya tentu saja akan terjadi kerusakan tepatnya pada bagian sistem pendinginan mobil. Tidak hanya itu saja namun lampu indikator juga akan menyala jika air radiator yang ada pada mobil bocor sehingga semakin berkurang.  Anda harus lebih waspada dengan kondisi ini dengan mengamati indikator yang menyala. 

Arti Warna Indikator Radiator Mobil

Bagi Anda yang merupakan pemilik dan pengguna mobil sebaiknya mengetahui dan memahami secara lebih pasti mengenai arti warna indikator yang menyala. Sebenarnya setiap warna lampu indikator yang menyala ini memiliki artinya masing-masing. 

Baca juga : Perlengkapan Bengkel Motor Pemula

Umumnya indikator radiator menyala dalam dua varian warna saja yaitu warna biru dan warna merah. Jika ternyata indikator radiator mobil yang menyala berwarna biru berarti mobil yang Anda kendarai masih dalam keadaan dingin. Sedangkan bisa bagian yang menyala adalah indikator radiator yang berwarna merah maka berarti mobil Anda sedang memiliki suhu mesin yang terlalu panas atau mobil dalam keadaan dan kondisi overheat. 

Mengatasi Lampu Indikator Radiator Mobil Yang Menyala 

Untuk mengatasi indikator radiator mobil yang menyala maka sebaiknya segera lakukan pengecekan apda radiator mobil tersebut. Setidaknya pastikan bahwa mobil Anda masih dalam keadaan baik-baik saja. Ada beberapa amcma hal yang juga harus dipastikaan saat Anda mendapati bahwa indikator radiator mobiil sedang menyala. 

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah memastikan bahwa tangki bensin telah tertutup secara rapat. Selain itu Anda juga bisa melakukan pengecekan pada kondisi aki. Kemudian segera kunjungi tepat servis mobil yang tedekat jika memang Anda masih belum dapat mengatasinya. Sebab indikator yang menyala menandakan adanya suatu masalah yang mungkin terjadi pada mesin mobil Anda. 

Jika hal ini tdak segera diatasi maka bukan tidak mungkin nantinya mesin mobil Anda akan mengalami kerusakan fatal. Jika telah selesai diservis maka selanjutnya Anda perlu merawat mesin mobil dengan baik termasuk pula bagian radiator. 

Indikator radiator mobil yang menyala misalnya pada saat Anda mengendarai mobil tak perlu membuat Anda panik. Mungkin sebelum mengetahui arti dari indikator ini Anda mengalami kebingungan. Namun dengan hadirnya ulasan yang tertera di atas maka diharakan agar kini Anda tidak lagi bingung jika tiba-tiba lampu indikator di mobil menyala. Sebab untuk mengatasinya Anda bisa melakukan beberapa hal seperti yang tadi telah disebutkan. Selain itu lakukan pemakaian mobil dengan tepat sekaligus lakukan pengecekan mesin mobil secara berkala.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *